E-Commerce

Apa itu E-Commerce ?

E-Commerce merujuk pada cakupan yang luas tentang aktivitas bisnis online untuk produk dan jasa.  E-Commerce juga berkaitan dengan bentuk  lain dari transaksi bisnis dimana kelompok-kelompok yang terlibat di dalamnya berinteraksi secara electric daripada fisikal.

Sejarah

Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian   atau invoice secara elektronik.

Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat “perdagangan web” — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.

Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sector ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protocol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan.Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Apakah E-Commerce sama dengan E-Bisnis ?

Banyak orang menganggap bahwa E-Commerce dan E-Bisnis adalah hal yang sama, namun perlu diketahui bahwa sebenarnya kedua hal tersebut memiliki konsep yang berbeda. Didalam e-commerce, informasi dan teknologi komunikasi (ICT)  digunakan di dalam transaksi “Business-to-Customer” (Transaksi di antara perusahaan / organisasi dan individual)

Didalam e-bisnis, ICT digunakan untuk meningkatkan satu jenis bisnis. Termasuk didalamnya beberapa proses dimana sebuah organisasi bisnis melakukannya dengan menggunakan media jaringan computer. Definisi lebih jauh tentang E-Bisnis dapat dikatakan sebagai perubahan dari sebuah proses organisasi untuk menyampaikan nilai tambah pelanggan melalui sebuah teknologi aplikasi, filosofi dan paradigm computer dari sebuah kegiatan ekonomi.

Perbedaan2 pada tipe2 e-Commerce

–          B2B (Business-to-Business)

–          B2C (Business-to-Consumer)

–          B2G (Business-to-Government)

–          C2C (Consumer-to-Consumer)

–          M-Commerce (Mobile commerce)

Contoh Tipe E-Commerce

Untitled2

Apa itu B2B Commerce?

Secara sederhana dijelaskan sebagai E-Commerce diantara perusahaan-perusahaan. Ini adalah tipe dari E-Commerce yang memiliki kesepakatan dengan hubungan diantara beberapa perusahaan. Sekitar 80% dari E-commerce tipe ini di prediksikan akan terus berkembang dibandingkan dengan E-Commerce B2C.

2 Komponen utama dalam B2B Commerce:

  • E-Frastructure : Adalah arsitektur dari B2B
    • Logistik : Transportasi, penyimpanan barang dan pendistribusian
    • Pengembang aplikasi jasa : Deployment, hosting dan management pengemasan software dari sebuah pusat fasiliti
    • Outsourcing pada fungsi-fungsi didalam proses e-commerce, seperti web-hosting, Keamanan dan layanan pelanggan.
    • Solusi lelang software untuk pengoprasian dan perawatan pada waktu yang sesungguhnya didalam internet
    • Isi dari manajemen software untuk memfasilitasi isi dari web site manajemen dan penyampaiannya.
    • Memungkinkan penggunaan commerce yang berbasiskan web
  • E-Markets : Secara sederhana dijelaskan sebagai website dimana penjual dan pembeli berinteraksi satu sama lain untuk melakukan transaksi
    • Sebuah diagram menunjukan bagaimana sebuah E-Commerce membantu didalam bisnis
    • Sebuah jaringan industrial privat – Grafik ini menunjukan bagaimana sebuah e-Commerce membantu jaringan industrial privat

Untitled1

Apa itu B2C E-Commerce

Adalah commerce diantara perusahaan dan pelanggan, termasuk pengumpulan informasi pelanggan, pembelian barang fisikal atau informasi barang dan penerimaan barang melalui jaringan elektronik.

B2C E-Commerce mengurangi biaya transaksi dengan meningkatkan akses pelanggan untuk mendapatkan informasi dan mengijinkan pelanggan untuk mencari harga yang paling bersaing untuk barang atau jasa.

Apa itu B2G E-Commerce ?

B2G E-Commerce secara umum didefinisikan sebagai commerce diantara perusahaan dan area umum. Hal itu mengacu pada penggunaan internet untuk penyediaan umum,prosedur yang bersetifikat, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berkaitan dengan pemerintahan.

Apa itu C2C E-Commerce?

Secara singkat didefinisikan sebagai commerce tertutup diantara individual atau pelanggan. Tipe dari e-commerce ini dikarakteristikan sebagai tempat jual beli dan lelang online yang sedang berkembang, serta bagian dari industri vertical dimana perusahaan atau bisnis dapat melakukan penawaran untuk apa saja yang mereka inginkan dari beberapa supplier.

Apa itu M-Commerce?

Adalah penjualan dan pembelian barang atau jasa melalui teknologi wireless

Keuntungan dari E-Commerce

–          Keuntungan dalam bertransaksi : didalam e-commerce, B2B commerce secara signifikan sudah berhasil mengurangi biaya pada 3 sektor utama.

  • Pertama : Pengurangan biaya pada proses pencarian
  • Kedua : Pengurangan biaya pada proses transaksi
  • Ketiga : Proses online mengembangkan manajemen inventori dan logistic

–          Disintermediasi : Melalui B2B E-market, supplier dapat berinteraksi dan melakukan transaksi secara langsung dengan pembeli, dimana artinya mengurangi pengengahdan distributor

–          Transparansi harga : Pertemuan penjual dan pembeli dalam jumlah besar dapat memberikan informasi tentang harga barang atau jasa yang sebenarnya kepada partisipan-partisipan lainnya.

Download Powerpoint here –> E-Commerce